Monday, November 16, 2015

Pengertian Desain Kurikulum Sekolah Minggu

Desain kurikulum Sekolah Minggu merupakan suatu kegiatan yang lebih tertentu dan saksama dalam pimpinan Roh Kudus. Desain kurikulum adalah proses yang disengaja tentang suatu pemikiran, perencanaan dan penyelesaian bagian-bagian, teknik, dan prosedur yang mengatur tujuan Sekolah Minggu yang berlangsung dalam pimpinan Roh Kudus . Bila telah menyelesaikan tahap-tahap tersebut maka selesailah tugas desain kurikulum Sekolah Minggu. Tugas selanjutnya adalah tugas-tugas melaksanakan kurikulum Sekolah Minggu tersebut di Gereja dan memonitor pelaksanaan pengembangan kurikulum Sekolah Minggu.

Sedangkan pengembangan kuriulum Sekolah Minggu atau disebut juga curriculum development atau curriculum planning Sekolah Minggu menunjuk pada kegiatan menghasilkan kurikulum (yaitu perencanaan tentang: tujuan, bahan/materi, proses: strategi, metode dan media, evaluasi) kegiatan ini lebih bersifat konseptual daripada material. Yang dimaksud dalam kegiatan pengembangan Kurikulum Sekolah Minggu adalah penyusunan , pelaksanaan , penilaian dan penyempurnaan yang dapat dilakukan oleh Komisi Sekolah Minggu atau jika belum ada maka dilakukan oleh guru Sekolah Minggu.

Jadi, yang dimaksud dengan pengembangan kurikulum Sekolah Minggu adalah suatu proses yang menentukan bagaimana pembuatan kurikulum Sekolah Minggu akan berjalan. Dalam pembuatan kurikulum Sekolah Minggu mesti memperhatikan beberapa pertanyaan-pertanyaan berikut: Siapa akan dilibatkan dalam pembuatan kurikulum, guru, administrator, orang tua, atau siswa Sekolah Minggu? Apa prosedur yang akan digunakan dalam pembuatan kurikulum Sekolah Minggu, petunjuk administratif, komisi atau staf pengajar Sekolah Minggu atau konsultasi dengan para ahli dari STT? Jika komisi yang digunakan, bagaimana mereka akan diatur?.

Pengembangan kurikulum Sekolah Minggu yang terbaik adalah proses yang meliputi banyak hal yakni : (1) kemudahan-kemudahan suatu analisis tujuan Sekolah Minggu, (2) rancangan suatu program Sekolah Minggu, (3) penerapan serangkaian pengalaman yang berhubungan dengan Sekolah Minggu, dan (4) peralatan dalam evaluasi proses pelaksanaan Sekolah Minggu. Secara singkat, pengembangan kurikulum Sekolah Minggu adalah suatu perbuatan kompleks yang mencakup berbagai jenis keputusan yang tentunya mengadalkan Roh Kudus sebagai inspirator penyusunan Kurikulum Sekolah Minggu.(Modifikasi dari berbagai pemikiran, seperti Hilda Taba, 1962 : 6).

3 comments:

  1. mantap pak bermanfaat banget untuk mengerti dan memahami apa itu desain kurikulum

    ReplyDelete
  2. Wao.. mantap Pak materinya. Membantu banget dlm materi ini.

    ReplyDelete

Follow Us @soratemplates